Pelaksanaan UUK (Uji Unit Kompetensi) di Jurusan SMK TI Airlangga

Pada bulan Mei ini di SMK TI Airlangga telah dilakukan pelaksanaan Uji Unit Kompetensi (UUK) yang merupakan proses penilaian (assessment) secara teknis dan non teknis yang diselenggarakan oleh masing-masing jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), dan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB).

Berikut beberapa pernyataan dari Ka. Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) yaitu bapak Hanif Aulia, S.Kom. ini menjelaskan pelaksanaan UUK hanya berlangsung selama 1 hari pada 22 Mei 2024 ini dengan fokus pada kompetensi fotografi baik dari kelas X ataupun kelas XI, jika pada kelas X penilaian difokuskan pada basic fotografi, pada kelas XI difokuskan pada teknik, dan cerita dibalik fotonya. Dengan tema UUK untuk kelas X adalah human interest, sedangkan pada kelas XI bertema BnW Portrait. 

Lalu begitupun dengan penuturan dari Guru Produktif MPLB yakni ibu Mira Irawati, S.Pd. menyampaikan bahwa para siswa/i kelas X & XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) melakukan kegiatan Uji Unit Kompetensi (UUK). UUK ini dilaksanakan setiap semester sebelum Penilaian Akhir Semester (PAS) di laksanakan. Kegiatan UUK ini pula untuk mengevaluasi kompetensi siswa selama 1 semester. UUK ini dilaksanakan di Lab MPLB yang diikuti oleh siswa kelas X & XI. Soal yang diberikan yaitu berupa soal Pilihan Ganda dan soal Demonstrasi.

Harapan dengan dilaksanakan UUK ini siswa/i dapat memahami lebih dalam pembelajaran produktif agar nantinya siswa/i akan lebih siap menghadapi ujian pada tahap selanjutnya yakni USK (Uji Sertifikasi Kompetensi) pada saat kelas XII nanti.

advertise