Pelatihan Manajemen Server oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di SMK TI Airlangga Samarinda

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan server bagi siswa SMK TI Airlangga dengan tema "Pelatihan Manajemen Server Virtual untuk Menunjang Aktivitas Pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan SMK TI Airlangga Samarinda". Pelatihan ini berlangsung pada hari Rabu, 19 Juni 2024, bertempat di laboratorium Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) SMK TI Airlangga Samarinda.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta, yang terdiri dari 7 siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), 7 siswa jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), serta 1 guru dari SMK TI Airlangga Samarinda. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Bapak Eko Junirianto, S.Kom., M.Cs., seorang dosen Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Jurusan Rekayasa Komputer, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam instalasi dan pengelolaan server, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja di era digital.

Hari pelatihan dimulai dengan sesi teori yang mencakup dasar-dasar manajemen server, diikuti dengan praktek langsung instalasi dan konfigurasi server virtual. Peserta mendapatkan kesempatan untuk memecahkan masalah yang sering muncul dalam pengelolaan server, dengan bimbingan langsung dari pemateri. Pendekatan yang komprehensif ini tidak hanya meningkatkan kemampuan  teknis siswa, tetapi juga memperkuat hubungan antara institusi pendidikan tinggi dan sekolah menengah kejuruan dalam upaya bersama meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknologi informasi.

Politani berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para siswa SMK TI Airlangga Samarinda, membekali mereka dengan keterampilan yang relevan dan diperlukan di dunia kerja. Melalui kegiatan pengabdian ini, Politani menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan pendidikan dan keterampilan di masyarakat, khususnya dalam bidang teknologi informasi.

Para siswa SMK TI Airlangga menyambut baik pelatihan ini dengan antusiasme yang tinggi dan semangat belajar yang luar biasa. Hal ini mencerminkan pentingnya kerjasama antara institusi pendidikan dalam membangun generasi muda yang kompeten dan siap bersaing di masa depan.

advertise