24 September 2013

Pelatihan Dasar Robo Board "Robotika"


Menyusul diberikannya bantuan Robotika dari Diknas Propinsi beberapa waktu yang lalu, lihat berita terkait disini.  Maka selama 2 hari Tim Robotika SMK TI Airlangga mendapatkan Pelatihan Dasar "Robo Board" dari Tim Teknis PT. MeitanX-Technology Surabaya yaitu Bapak Handoko Priyo dan Bapak Henok, pelatiahan dilaksanakan di Ruang Chipset Kampus TI Terpadu "Airlangga Cyber School" SMK TI Airlangga.

Sementara itu peserta pelatihan dari Tim sekolah kita adalah : Ibu Tina Tri Wulansari, S.Kom, Bapak Muhammad Yani, S.Kom, Bapak Agung Batricorsila, S.Kom, Bapak Isman Mustamin, S.Kom dan Reza Pahlaw.an, A.Md.

Pelatihan Dasar terdiri dari 3 Modul yaitu : 1).  Modul Elektronik dasar, 2). Modul Elektronika Digital, 3). Modul Mikrokontroller (Mecatronik Robotik).

Pada Modul Microcontroller IC-ATmega32 terdiri dari beberapa sub percobaan yaitu : Sensor Ultrasonik, Sensor Inframerah, Sensor LDR- Light Dependent Resistor, Motor Stepper, Motor DC, Motor Cervo, Keypad LCD.

Pada Pelatihan Pengisian Program, menggunakan IC-ATmega8 dengan menggunakan 2 Robot yaitu : Robot Beroda dan Robot Berkaki.  Pada robot beroda menggunakan sensor photodioda yang mendeteksi garis.  Dan untuk Robot Berkaki menggunakan Inframerah untuk mendeteksi jarak.