15 Juli 2009

Mengapa Kita Pindah ke Website Baru? Go Global with WWW.SMKTI.NET

Website SMK TI Airlangga dari hari ke hari semakin banyak dikunjungi, traffic semakin tinggi, ancaman terhadap keamanan website juga semakin meningkat. Jumlah informasi yang ditampilkan juga semakin banyak, semakin beragam dan semakin interaktif. Peran website juga semakin penting bagi siswa, pengajar, manajemen sekolah, orangtua siswa, masyarakat.

Untuk itu semua, diperlukan manajemen website yang semakin baik, content informasi yang terus mengalir, bisa cepat diakses, bebas dari error, selalu up and running setiap saat. Dalam dunia Internet yang semakin maju saat ini, diperlukan kompetensi SDM, komitmen, konsistensi, server yang tangguh dan teknologi content management yang lebih baru untuk dapat menjalankan website secara baik.

Hingga saat ini, website SMK TI Airlangga telah terbukti mampu terus hadir konsisten dengan content yang terus berkembang lengkap sejak tahun 2004. Bukan suatu hal yang mudah untuk dicapai, perlu pengorbanan dan konsistensi tinggi dari para pengelolanya agar bisa tetap exist dan tetap memiliki page rank yang tinggi di search engine terkemuka.

Beberapa perubahan dilakukan diawal tahun ajaran 2009/2010 untuk lebih meningkatkan performa website SMK TI Airlangga. Beberapa diantaranya adalah:
  1. Menggunakan nama domain baru www.smkti.net untuk menggantikan domain lama www.smka-smr.sch.id
  2. Menggunakan web server baru yang lebih tangguh, terpercaya dan aman berlokasi di USA, server lama ada di IIX
  3. Perubahan aplikasi CMS (content management system) baru berbasis Google Blogger yang lebih baru teknologinya, lebih mudah penggunaannya, serta relatif lebih aman.
Website yang lama tetap dipertahankan keberadaannya sebagai dokumentasi dari seluruh informasi lama sejak tahun 2004, namun tidak diperbarui lagi. Secara bertahap semua data dipindahkan ke web server baru.

Website baru ini juga merupakan wujud semangat SMK TI Airlangga untuk "go global" dan menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur di kancah pendidikan teknologi informasi dunia. Semoga cita-cita ini bisa tercapai, amin...

Salam,
Kepala Sekolah
Mohamad Adriyanto
www.adriyanto.or.id