04 April 2012

Prakerin di SMK TI Airlangga Lamanya 5 (Lima) Bulan

Prakerin (Praktek Kerja Industri) merupakan program yang sangat penting bagi SMK TI Airlangga. Dalam organisasi sekolah, Prakerin menjadi Salah Satu Pilar Utama yang menjadi Landasan Operasional. Dengan demikian keberadaannyapun didukung oleh seorang Kepala Program Hubungan Industrial yang dalam hal ini dipercayakan kepada Ibu Riskha Tandi Sau S.Hut dan dibantu oleh staff Bpk. Sulaiman dan para pembimbing sekolah yang membawahi 10 (sepuluh) orang siswa per pembimbing. Pembimbing bertugas mengawal siswa selama siswa melakukan Prakerin di tempat Mitra Industri hingga penyelesaian laporan akhir Prakerin dan Sidang Prakerin yang dilakukan pada akhir semester berjalan.

Program Prakerin di Sekolah kita dilakukan selama 5 (lima) bulan, dimana siswa akan berada di lapangan (lokasi mitra industri) dengan dibimbing langsung oleh Pembimbing dari mitra industri. Disamping itu sejak 2 (dua) bulan sebelum keberangkatan prakerin siswa juga akan mengikuti serangkaian kegiatan PRA PRAKERIN yang meliputi kegiatan dan pembekalan Soft Skill dan SSR (School Social Responsibility).


Selama mengikuti program Soft Skill siswa mendapatkan materi tentang : Manajemen, Organisasi, Tanggung Jawab, Kedisiplinan, Personality, administrasi dan pelaporan disamping pengetahuan dasar mengenai Maintanance Komputer dan Printer.

Program SSR menjadi bagian yang sangat penting dalam PRA PRAKERIN, karena siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para User. Siswa akan melakukan kegiatan Program Maintanance Computer baik ke sekolah-sekolah, Puskesmas ataupun kantor lurah dan kecamatan di seputar Samarinda. Program SSR manjadi program unggulan sekolah kita. SSR menjadi bentuk keperdulian Sekolah terhadap masyarakat disekitar sekolah.

Kunjungan Pembimbing sekolah dan penanggung jawab prakerin ke lokasi tempat para siswa melakukan prakerin menjadi agenda yang sangat penting dan sekolah sangat berkepentingan untuk melihat sejauh mana perkembangan prakerin para siswanya. Program Prakerin di laksanakan saat siswa berada di kelas XI dan program ini adalah program wajib bagi seluruh Sekolah Menengah Kejuruan, hanya saja lama dan waktu pelaksanaan tergantung pada kebijakan masing-masing sekolah.

Bagi SMK TI Airlangga, Prakerin adalah kegiatan formal yang dilaksanakan diluar sekolah. sehingga keberadaannya sangatlah strategis. Karena siswa akan berada diluar sekolah selama 5-6 bulan (22 minggu) sehingga sekolah merasa perlu untuk melakukan pengawalan yang lebih intens.

Pada periode akhir maret, tepatnya tgl. 28 Maret 2012 dilakukan kunjungan oleh Pembimbing Sekolah ke :

PT. Pertamina (Samboja. Kutai Kertanegara, Sebagai pembimbing Sekolah adalah Bpk. Nanang Supratman).
M. Fahru Rizal (2 RPL2) ditempatkan di bagian IT-Pemrograman. Selama Prakerin berhasil membuat 1 (satu) program data based supply minyak dan saat ini digunakan untuk perusahaan di samboja.

PT. United Tractor, Tbk. (Balikpapan, sebagai pembimbing sekolah adalah Pak Yani yang dalam kesempatan ini karena berhalangan digantikan oleh Bpk. Sulaiman).

Nanda Mahardika (2 RPL2) ditempatkan di bagian IT Maintanance, bertanggung jawab terhadap perawatan seluruh PC yang digunakan oleh staff di perusahaan tersebut. Saat ini Nanda adalah satu-satunya yang bertugas di bagian IT di unit/lokasi yang baru).