18 Mei 2014

Penyerahan Sertifikat Kompetensi sekaligus Graduation Ceremony ke-XI SMKTI Airlangga Samarinda

Tak terasa 13 tahun SMK TI Airlangga berdiri. Pada Sabtu (17/5) kemarin, sekolah ini meluluskan 124 siswa kelas XII dalam acara graduation ceremony, di Swisbell Hotel Borneo Samarinda. Mereka mendapat sertifikat dan medali kompetensi siswa. Yang membanggakan, ditampilkan 10 hasil karya terbaik membuat para undangan terpukau. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini ada penampilan bidang Robotika.

Bapak Nanang Supratman, Kepala Sekolah SMK TI Airlangga mengatakan, perkembangan SMKTI Airlangga cukup pesat dalam 13 tahun. Ada 3 jurusan tersedia yaitu Rekayasa Piranti Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multi Media (MM). Semua jurusan ini sudah terakreditasi A. “Siswa yang memilih jurusan sesuai bakatnya setelah melalui proses seleksi di awal mereka masuk pada akhirnya mereka mempunyai kualitas baik dan  sesuai harapan,”.

Tidak heran sebelum lulus, hampir 100 persen siswa SMK TI Airlangga telah terserap di dunia kerja melalui Airlangga Carier Centre (ACC). Jaringan dengan perusahaan pun terus dikembangkan dan diperluas. Kali ini sekaligus dilakukan penandatanganan MoU dengan 100 mitra industri.

Selama menempuh pendidikan para siswa juga dibekali dengan kemampuan wirausaha mealui program one man one business. "Bagi yang memilih kuliah, 10 siswa dengan nilai Uji Kompetensi Keahlian terbaik mendapat beasiswa pendidikan dari STMIK Sentra Pusat Bisnis (SPB) Airlangga,". Karya mereka meskipun masih sangat dasar tetapi sudah menunjukkan kelas dunia.

Gubernur Kalmantan Timur dalam sambutannya menegaskan bahwa pendidikan vokasi/kejuruan sangat penting terutama dalam mendukung program kaltim bangkit 2018, terlebih pendidikan teknolgi informasi memiliki peran sangat besar.

Sejak beberapa tahun terahir SMK TI Airlangga melengkapi acara Graduation Ceremony dengan ORASI VOKASI, tahun ini Orasi Vokasi disampaikan oleh Bapak Yusuf Wibisono Praktisi IT Kaltim yang juga Regional IT Manager Sinar Mas Forestry Kaltim.  Sebuah perusahaan Multi Nasional.  Dalam orasi vokasinya beliau menekankan bahwa kemajuan pembangnan tidak bisa terlepas dari perkembangan Teknologi Informasi.

Sementara itu, Direktur Yayasan Airlangga Samarinda, Sigit Sigalayan menambahkan, kreativitas siswa tidak pernah dibendung. Selama belajar siswa hanya dibekali dengan kemampuan dasar, ternyata mereka dapat mengembangkan. "Semangat dalam karya juga dipacu melalui kegiatan Champion kompetisi siswa yang dilakukan secara internal 2 kali setahun. Kemampuan anak-anak ini sangat potensial untuk dikembangkan. Sehingga, mereka dapat memperdalam ilmunya ketika di perguruan tinggi,” ujarnya.  Terlebih jika mereka melanjutkan ke STMIK SPB Airlangga yang merupakan jenjang Pendidikan Tinggi yang terintegrasi langsung dengan SMK TI Airlangga, kunjungi websitenya di www.spb.ac.id.

SMK TI Airlangga juga membuka pendaftaran siswa baru gelombang 2 periode 1 Mei 2014 - 30 Juni 2014, gelombang 3 periode 1 Juli 2014 - 30 Agustus 2014. Informasi Website: http://www.smkti.net, Email: admin@smkti.net, Twitter: @smkti, Facebook: http://facebook.com/smkti, Alamat (Postal address):Jl. Pahlawan 2A, Samarinda 75123 Kaltim Telp: +62.541.741.864, Fax: +62.541.735.982, SMS Center : +62.852.5070.5515. Kontak Individu: Ir H Sigit Sigalayan, MP : +62.852.5067.9002, Nanang Supratman, SPdI : +62.852.5057.1818, Riskha Tandi Sau, SHut : +62.812.532.9938. (hry/soc)